LIGA INGGRIS di INDOVISION

Selasa, 18 Agustus 2009 | 08:00

HAL SIAR LIGA INGGRIS

Indovision Kantongi Hak Siar Liga Inggris


JAKARTA. Kendati baru belakangan terlibat dalam perebutan hak siar Liga Inggris musim ini, Indovision keluar sebagai pemegang hak siar liga yang juga dikenal sebagai Barclay Premiere League (BPL) 2009/2010 di Indonesia. "Kami mendapatkan kepastian tersebut tadi pagi," ujar Head Corporate Secretary Indovision Arya Mahendra Sinulingga kepada KONTAN Minggu (16/8).

Arya menolak membeberkan besarnya dana yang dikucurkan Indovision untuk membeli hak siar noneksklusif dari ESPN STAR Sport (ESS), selaku pemegang hak siar. "Kami terikat kontrak dengan ESS untuk tidak memublikasikan soal harga hak siar," tandas Arya. Namun ramai beredar kabar, harga hak siar itu sekitar US$ 6 juta.

Indovision gembira lantaran bakal menghadirkan siaran Liga Inggris bagi 550.000 pelanggannya saat ini. "Ini jelas menguntungkan secara komersial dan makin menarik minat konsumen untuk memilih Indovision," ujar Arya.

Indovision memang telah memancang kenaikan jumlah pelanggan tahun ini. Menurut Rudy Tanoesudibjo, Direktur MNC Sky Vision, operator Indovision, jumlah pelanggan Indovision di akhir tahun ini ditargetkan akan naik menjadi 750.000.

Bila dibanding dengan penawar lain, seperti TELKOMVision dan Aora TV, nama Indovision memang baru muncul pada pekan terakhir sebelum liga paling panas ini dimulai. Kala itu Indovision menggandeng TELKOMVision mengajukan penawaran kepada ESS dengan menggunakan nama Asosiasi Penyelenggara Multimedia Indonesia (APMI).

Namun beredar kabar bahwa ESS keberatan jika penawaran dilakukan secara kolektif. Maka, dua hari sebelum musim Liga Inggris digelar (14/8), Indovision dan TELKOMVision mengajukan penawaran sendiri-sendiri. Dan akhirnya, Indovision menang.

Dengan kemenangan Indovision tersebut, maka pay TV yang bernaung di bawah Grup Media Nusantara Citra (MNC) ini berhak menayangkan 370 siaran pertandingan Liga Inggris selama satu musim. Indovision juga akan menyiarkan 145 pertandingan Liga Champion yang hak siarnya juga dimenangi Grup MNC ini.

Sejauh ini belum diketahui apakah TELKOMVision juga mendapatkan hak siar tersebut untuk sekitar 250.000 pelanggannya. Maklum, hak siar Liga Inggris yang diperoleh Indovision tersebut bersifat noneksklusif.

Sementara itu, Aora TV yang awal Juni lalu bersemangat membidik siaran Liga Inggris kini tak lagi terdengar kabarnya terkait hak siar tersebut. Malah sejak akhir pekan lalu, channel siaran ESS menghilang dari kanal Aora TV.


Nadia Citra Surya
Sumber: http://www.kontan.co.id/index.php/bisnis/news/19801/Indovision-Kantongi-Hak-Siar-Liga-Inggris


---------------------------------------------------------------------------------------

Indovision Kembali Siarkan Liga Inggris

Senin, 17 Agustus 2009 | 19:04 WIB


TEMPO Interaktif, Jakarta - PT MNC Sky Vision (Indovision) kembali menayangkan Liga Inggris pada musim kompetisi 2009-2010 ini. Televisi berbayar paling besar di Indonesia itu akan menayangkan 370 pertandingan Liga Primer.

Bos PT Media Nusantara Citra Tbk. (Indovision), Hary Tanoesudibyo, membenarkan Indovision sudah mendapat hak siar Liga Inggris tersebut.

Namun, ia menolak menyebutkan ketika ditanya dengan harga berapa hak siar itu dibeli oleh Indovision. “No comment untuk harganya,” kata Hary kepada Tempo di Jakarta malam ini.

Menurut penjelasan yang diterima Tempo dari Indovision, untuk menikmati Liga Inggris mulai pekan ini, pelanggan bisa mengambil paket olah raga. Pasalnya, siaran Liga Inggris ini hanya akan ditayangkan di saluran ESPN dan Star Sport.

Televisi berbayar Indovision selama satu bulan terakhir memang gencar mempromosikan saluran-saluran terbarunya. Kalau hanya menginginkan paket standar (tidak termasuk antara lain paket film dan olah raga), ada paket Galaxy Rp 179 ribu per bulan atau Venus Rp 149 ribu per bulan.

Jika pelanggan ingin menonton Liga Inggris, berarti harus mengeluarkan duit lagi sebesar Rp 55 ribu untuk mendapatkan paket olah raga (ESPN, Star Sports, dan Eurosport).

Menurut Hary, beberapa waktu lalu telah meluncurkan satelit baru sebagai upaya untuk melakukan ekspansi. “Ini merupakan satelit S-Band satu-satunya di Indonesia dan terbesar di Asia Tenggara,” katanya.

Kemenangan Indovision ini membuat pemilik hak siar Liga Inggris yang lama, yakni Aora gigit jari. Tahun lalu Aora mengambil hak siar untuk Indonesia itu selama satu musim. Sebelumnya, Astro-lah pemegang hak siar tersebut.

Selain di Indonvision, laga Liga Primer Inggris juga sebagian ditayangkan di stasiun televisi tak berbayar. Yang mendapat jatah untuk ini adalah stasiun televisi tvOne. Mereka akan menayangkan 53 pertandingan secara langsung dan sepuluh pertandingan tunda.

GRACE S GANDHI | BURHAN SHOLIHIN
Sumber: http://www.tempointeraktif.com/hg/sepakbola/2009/08/17/brk,20090817-192968,id.html